Negative Regulation Power Supply

Pada umumnya kita menggunakan dan membuat positive regulation power supply. Yaitu power supply yang melakukan regulasi tegangan pada jalur positifnya. Yaitu jalur negatif dibiarkan apa adanya tetapi jalur positif diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan regulated output. Karena kita sudah mensugesti bawah sadar bahwa positif adalah baik, maka negative regulation Power Supply menjadi kalah pamor karena kata negative berkonotasi buruk.  Padahal negative regulation power supply lebih praktis dibandingkan positive regulation.

Sisi praktisnya negative regulation power supply adalah karena yang diregulasi adalah jalur negatif maka transistor 2N3055 sudah tidak perlu isolator untuk menempelkannya ke casing power supply. Langsung saja kita baud ke casing. Nah, belum pernah liat kan? Hal ini disebabkan collector 2N3055 berada di keadaan negatif. Jadi aman-aman saja kalo seluruh casing power supply dibuat menjadi negatif. Dan karena langsung dibaud ke casing, temtu saja meningkatkan kualitas transfer panas dari transistor ke pendingin. Sehingga bisa saja kita pasang saling berdekatan semua transistornya. Nanti kita tambahkan fan untuk membuang panasnya ke udara.

Hal lain yang masih perlu dibuktikan adalah dengan menggunakan teknik negative regulation power supply ini akan membuat transistor 2N3055 bekerja sebagai output kolektor. Nah konon katanya menggunakan kolektor sebagai output membuat transistor lebih tahan terhadap hubung singkat. Konon katanya disebabkan kolektor biasanya sebagai output. Udah gawan bayi. Tapi maaf saya belum uji coba hubung singkat sendiri jadi belum bisa cerita banyak. Karena penelitian yang benar kan butuh peralatan yang benar dan metoda riset yang tepat. Saya ngga punya itu semua, jadi cuma bisa ngomong konon kabarnya.

Saya menggunakan skema seperti yang ada di sini. Komponen pengendali adalah IC regulator LM7912 yang saya tambahi dioda silikon biasa untuk membuat outputnya menjadi 13,7 V. Cara kerja rangkaiannya seperti semacam switching yang akan menjaga output di sekitar 13,7 V. Untuk itu mutlak diperlukan elco di outputnya untuk menjaga kehalusan tegangan output. Skema negative regulation power supply ini hanya saya gambar 3 transistor 2N3055. Tapi sebenarnya semakin banyak transistornya akan semakin bisa meningkatkan kemampuan arus outputnya. Tinggal anda tambahkan saja. Juga bisa anda tambahkan lagi rangkaian tambahan misalnya over voltage protection.

Teknik negative regulation power supply ini populer digunakan di perangkat-perangkat jaringan seluler. Kayaknya 100% deh teknik negative regulation power supply digunakan di sana. Mungkin biar enak ya kalo seluruh body perangkat bersifat negatif tinggal konek aja ke sistem grounding sehingga semua ada di level tegangan yang sama.

Selamat mencoba.

32 thoughts on “Negative Regulation Power Supply

  1. Saya punya power suply 40 A yg ada meternya (A,V) kalau dipakai perangkat HF tegangannya yg di voltmeternya meneng ae di i 13,8.Tapi kala di ukur pakai AVO meter di terminal PSU nya voltage nya lari lari (power output HF nya 120W ).Di pakai QSO no problem .Jadi lieur nih ,heheh
    Kalau di pakai 2m dropnya cuma 0,3 v
    Apakah karena arus di Transistor output transiever dan 2N3055 sangat besar sehingga tegangannya turun ,atau arus PSU saya kurang .?
    Trims sebelumnya (tapi PSU punya Boss juga di ukur saat dipakai di HF )

    YC1VOG

    • mungkin tipe meter nya emang beda om. yang satu fast respond, yang satunya slow respond. fast respond dimaksudkan utk ketelitian. sedangkan yang slow respond utk kemudahan pembacaan karena lebih stabil. apalagi selama dipake ngga ada laporan masalah kekurangan tenaga.

      met tahun baru om. semoga lebih sukses di 2013.

    • jujur aja ane juga bingung dengan cara kerja LM 7912. tapi kalo liat kemana arah arus mengalir, ane pikir pin IN adalah output nya. arus kan mengalir dari titik positip ke negatip dioda bridge. fakta bahwa pin OUT tegangannya akan lebih positip dari pin IN. kebingungan ini muncul ane kira karena kita terbiasa banget-banget dengan penggunaan LM7812 dan sistem regulasi positip. ketika rangkaian regulasi negatip muncul, ini seperti membolak-balik logika kita yang selama ini lurus-lurus saja. keknya gitu deh gan.

  2. mathur suwun mas rivai kiye apik banget enyong ya arep njajal…hehe2.. mumpung esih nyimpen trafo merk E R A 50a kenang-2 gemiyen nang purwokerto.. mathur suwun… 73

  3. purakertane nang mburi stm negri purwokerto mas..nek pak arief (yc2elx)ngeh gertos..nek gemiyen kulo sinaune amatir nggih kalih pak lik kulo kiyambak mbah narwin yc2ks,, salam saking pak arief,, niku pak arief nek ncritani njenengan mas rivai wis mantep banget mas..hehehe jadi merasa bangga punya panutan kaya njenengan mas .. karena menurut saya, pengalaman anda berdua di amatir rrruuuaaaarrr biasa mas,,, jadi inget crita pak arief masalah machhing kabel,hahaha hanya ini yg ada perbedaan diantara anda berdua…kalo pun pribadi saya setuju dengan pendapat njenengan mas sangat logis dan masuk akal,,,,tpi ini yg selalu di inget pak arief…hahaha., aja kelelen mas nek nang purakerta mampir maring soto sokaraja.. engko tek jujugna,,

    • owh sininya penggemar soto sokaraja mas. terakhir tgl 31/12/2012 esuk-esuk meng soto sutri trus malang kerik mesen telung mangkok. hehehe

  4. wedeh..wedeh mantep kiye mamase kuwe nganggo kupat apa sega mas nganti 3 mangkok,,.hehehe.. sebentar lagi power suply ku dadi mas,, mung sing ngawe dudu aku, maklum mas sibuk nguli pasir karo watu.,hehehe, saat saya minta di bikinin sama temen dia terheran-2 dengan rangkaian njenengan karena menurut temen sya rangkaian njenengan tdk lazim alias nyleneh, tapi sya tetep ngotot untuk bikin seperti rangkaian njenengan dengan alasan lebih kuat terhadap short..nah aku penasaran mas pokoke mengko nek dadi arep njajal dikoslet na mas.. jorna bae kan lumayan buat riset dan ilmu pengetahuan mudah-2 kuat seperti perkiraan njenengan, nanti dikabari mas rivai..mathur suwun salam nge keluarga mas

  5. kelelen arep komentar, gambare jenengan apik mas…hehehehe …ngesuk-2 nek ngawe gambar maning nganggo garisan apa mas vai…jhahaha

    • yang pasti collector nya aja desogi mika mas. itu bedanya dgn yang positive regulation power supply. ini saja ada ganjalan kalo digunakan power 50w kok ngedrop tegangan sampe 0,8v. mo tek coba kasih driver tapi belum sempet nyoldernya. kalo andanya sempat, bantuin coba disisipi driver ya. nanti kasih laporan. nek rangkaiane ora dadi, tulung trafo 50A era ne kirim ngeneh ya, anggep aja souvenir salam kenal.
      kemarin sore aja sempet ribut lagi sama Arif YC2ELX diskusi soal ini katanya dia punya skema lain. hehehe. nek ketemu dadi padu dan ribut tapi berakhir ngguyu bareng-bareng. termasuk ngrasani njenengan bahwa ternyata belum pernah kopi darat dgn Arif. ujarku anu kanca sekang puraketa.
      gambar anu disenguja begitu soalnya biar ngga di copy-paste sama plagiat. critane anu mandan trauma tulisan saya banyak di copas orang lain. nek gambare borak-barek kan bebeh lho gole nyawang.

  6. wah-2 pak arief wis kelalen mas karo aku..nek gemiyen dolan ketempat pak arief ya karo kakang ku,nek ora karo lilike aku..hehehe yah maklum mas wis mandhan sepuh dheyan ya mas…. hahahaha. …tapi memang tulisan njenengan apik mas.., penempatan lan gaya bahasane tegas lewih moderat..jelas njenengan terlatih spt penulis buku terkenal… kapan ngawe buku mas mengko enyong di kirimi ya mas rivai..tapi betul banyak tulisan njenengan yg di copi sama org lain.. sering sya lihat di beberapa blog.. tpi itu membuktikan bahwa anda memang menjadi panutan dibeberapa blog kerena memang tulisan dan artikel-2 anda bagus.. wong sya aj kalo di lokal dan mbahas tehnick referensi njenengan bnyk saya pake kok..gampang mraktekna,ana itungane lan bukti yg mendukung trus nek ana sing ngeyel saya suruh buka blog njenengan.. hehehe. untunge ora ana sing ngeyel aman mas..( sing penting aj posting f23D )..kekekeke. menko tak tilpun pak arief mas.. arep takon khabar… suwun mas

    • jhahaha rupanya andanya bener-bener terkesan ya karo cerita F23D nya. kayane kok kesumat banget jhahaha. aku dewek nek kelingan betapa nakalnya otak saya pada saat menulis itu be anu geget dewek koh. nyilih istilaeh Tukul Arwana: puas … puas … puas …. hehehe
      ya syukur lah kalo ada tulisan saya yang bermanfaat dan layak jadi referensi. saya paling bangga menulis soal kabel USB yang tidak bisa panjang. karena semua tulisan di blog-blog lain bercerita soal cable loss, termasuk satu tulisan dari pengamat IT terkenal tanah air. nyatanya itu lebih disebabkan adanya faktor “cable delay”, bukan “cable loss”. jadi nek meminjam istilaeh Tukul Arwana: {sudah saya tulis di atas}.
      sekali lagi saya mengingatkan anda dan pembaca lain, wahai jin dan manusia, janganlah sekali-kali engkau membaca tulisan saya di blog ini dan blog satunya. niscaya engkau akan tersesat karenanya. hehehe

  7. Nnnaahh kiye mas bener aku setuju dengan anda … kabel usb g panjang karena faktor delay dan bukan karena loos,… tpi aku bingung mas wong-2 IT kan pinter-2 mas.. mosok ra ngerti kadang penjelasane mbingungi padahal gelare akeh banget ( prof,dr,ir,, lah mbuh ) ,, aku karo kancaku ya sering selisih pendapat jerene esih ana hubungane karo hukum ohm ndean tapine hehehe… jangan-2 nanti kabel USB harus 1/4 lamda,,jhahahahaha .. ato harus dipotong-2 biar match…hihihihihi. bener kata tukul arwana,,,, puas….puas…puas. aku nulis nganti ngikik-2 mas…hahahaha puas..puas..puas,,,

    • hehehe. tapi aku wis bingung arep nulis apa maning kiye. dadi jarang update lagi blog nya. arep cerita soal kontes kayaknya ngga menarik. malah cuma bikin panas pemilik blog sebelah jhahaha.

      • jhahahaa….pemilik blog sebelah sopo ya? jhahaha….
        Wah gayeng nih ketemu karo lik Yudi….nostalgia, pating blekuthug khas purwokerto, tinggal nunggu juragan pondok bambu wae lah….😀

  8. nek bingung cekelan lawang mas…qqqq, wis nulis apa bae aku melu mas.. ya misal nya design antena BTS rasa 2 meteran ndean bisa mas.. trus kontes auto dubling/kontes signal olih apa ora… kiye aku ana kabel 100 ohm njenengan arep aku kirimi ora,.. dari pada di buang mas. bojoku komplen omah ora teyeng rapi kakean antena kabel karo radio.. wah pokoke pating sliwer.. nek ndheleng ngone njenengan enak mas rapi apa mung nang foto thok rapi… heheheh..

    • waduh ngapunten kang, baru kebaca ini komengnya. dadi baru kebales. nylempit dadi ora weruh. gelem banget kuwe 100 ohm. tipenya apaan dan berapa meter hehehe. nek pas ke pwt, cangking aja trus balangna ngarep omaeh Arif bae ngko kapan2 tek ambil. udah lama banget pengin ada yang ngasih gratisan. ini jadi seperti ular marani soto kecik. jhahaha.
      tempat saya bukan rapi, mas. tapi rapih. pake “h” di belakangnya. jangan salah. jhahaha

  9. eh kelalen ana mas ecg nuwun sewu mas mboten ngrasani ko… hehehe.. niku mamase kulo lagi bingung.. nggih yuwun tulung mbok jenengan ana ide dan usul…. nek kulo nggih melu ngramein mawon ,,niku juragan pondok bambu lagi sibuk nopo lik… jarang kepanggih.. teng radio nggeh jarang enten….

    • ya itu YB2ECG dan YDØNGA bertiga dengan saya anu pada-pada wong aneh mas. ari arep muncul kudu sms san dingin nembe disumed radione.

      jan maap banget ini nembe weruh komeng anda, aja jere miki mbukak folder spam di gmail ya ora weruh. nylemped komengnya.

  10. Jhahahaha… ora papa mas aku ya mandhan sibuk… aku nang kulon jkt.. ora papa mengko tek kirim nganggo tiki nek ora jne kabele ana 30 meter 40 meter ndean ,,,,niki alamat email aku jnenengan bisa kirim alamate…. sadhtfat@asco.co.id .durung ana ide arep nulis apamaning mas… mesti maring gunung srandil ndean mas ben olih wangsit… oh iya rapih udhu rapi…hehehe… kuwe pak guru ecg ndean ana ide mas rivai—

  11. msih blum faham ni gan, u/k pemasanga 2n3055 gmn si,
    u/k.
    E kemana
    B kemana&
    C kemana

    ini cius ya, bkan lagunya ayu tinging.
    heheee……

  12. Wah skema ini termasuk kategori curang, hahaha. Karena biasanya emiter lah yang mengikuti tegangan di basis (plus/minus junction voltage — tergantung polaritas PNP/NPN). Analisa model transistornya membingungkan, tapi salut dengan inovasinya. Ketut, YB9BWN.

    • waduh bli Ketut KC8PPD, sesama VE engga boleh nanya yang susah-susah loh OM. malu kalo salah ngejawabnya hehehe.

      makasih sudah mampir. sampai jumpa di Bogor 19 Januari 2014.

Leave a Reply

