Masih Soal Prefiks Yangkee Echo

Sudah hampir 6 bulan memakai prefiks radio amatir tidak lazim YE3. Ini artinya Ijin Amatir Radio saya tinggal tersisa 4,5 tahun lagi ya lalu kadaluwarsa. Ketidaklaziman prefiks ini masih berpengaruh pada kegiatan komunikasi saya mode Phone. Kebanyakan lawan QSO keceklik-ceklik mengingat, mengucapkan atau mengucapkan dengan menyingkat call sign YE3AA. Jangankan man-teman, wong saya sendiri saja masih sesekali salah sebut call sign lama YB3TD yang sudah tidak boleh saya gunakan lagi.

Kadang-kadang kita mendengar istilah-istilah menarik seperti “YD rasa YB” yang bernada memuji. Bermakna si YD yang memang ilmunya setinggi YB, atau merupakan sindiran “YB rasa YD” yang bermakna ada YB kok ilmunya rendah setara dengan YD. You know what, ternyata saya terbebas dan sama sekali tidak terlibat dalam makna memuji atau sindiran itu. Karena sejauh ini belum pernah tuh ada istilah “YD rasa YE” atau “YE rasa YD”. Hehehe. Jadi kalo anda pemegang prefiks YB, maka anda masuk dalam himpunan YB yang dimaksud di istilah itu. Sedangkan prefiks YE tidak tersangkut.

Sayangnya masih ada kendala soal tower dan antenna band HF. Terakhir ini tanah kosong sebelah kanan saya sudah mulai dibangun dua lantai. Praktis posisi saya persis seperti di tengah-tengah mangkok karena delapan penjuru mata angin semua rumah tetangga adalah dua lantai. Rencana sih masih cari-cari yang jual tower triangle bekas saja untuk saya pasang di sini. Lalu antenna Hidaka 3 elemen 4 band bisa naik. Tapi masih belum ketemu nih yang jua tower triangle bekas. Dan juga masih menunggu barangkali ada yang berkenan sodaqoh rotator. Jhahaha

2 thoughts on “Masih Soal Prefiks Yangkee Echo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s