Apa Sih Definisi Yangkee Bravo Menurut Anda ?

Saya memang senang mendengarkan dari bicara (bahkan lebih senang mengetuk keyer daripada pegang mic). Dari kesenengan itu sering banget mendengar istilah “delta serasa bravo” . Atau “bravo serasa delta”. Istilah pertama merupakan compliment, pujian, bahwa si Delta mampu berprestasi dimana biasanya pak Bravo yang mampu melakukannya. Tapi istilah yang kedua merupakan penghinaan kepada pak Bravo atas apa yang dia lakukan ternyata tidak mencerminkan bagaimana seorang pak Bravo bersikap.

Secara pribadi sih saya menilai”‘penghinaan” itu terjadi karena ekspektasi yang terlalu besar dari seorang pak Bravo. Ketika ekspektasi yang tinggi itu tidak terpenuhi, maka segera saja vonis bernada menghina itu dijatuhkan. Padahal sering juga saya mendengar orang-orang bicara bahwa prefix Delta-Charlie-Bravo adalah tidak sama dengan Kapten-Kolonel-Jendral di militer. Prefixes itu sekedar untuk menandai kecakapan seseorang. Jadi saya menengarai ada inkonsistensi di sini yang mana sialnya menyudutkan pak Bravo. Jadi sial bener yach kalo jadi pak Bravo.

Satu contoh lagi soal sialnya pak Bravo adalah adanya istilah dalam bahasa Perancis yang berbunyi “Menang Ora Kondang, Kalah Kewirangan”. Dalam Bahasa bisa diartikan pak Bravo kalo memenangkan sesuatu akan dianggap sebagai hal yang wajar (karena dia adalah pak Bravo) tetapi kalo kalah akan memalukan. Mosok pak Bravo bisa kalah sama Delta. Saya betul-betul menghayati istilah ini sehingga ngga pernah ikut lomba-lomba di semua Hamfest. Hehehe. Kalo menang ngga ada yang akan memuji, tapi kalo kalah malah disoraki.

Secara pribadi, saya mendefinisikan seorang Yangkee Bravo adalah seorang yang telah lulus ujian kecakapan amatir radio tingkat penegak.  Karena ujian kecakapan amatir radio kan sifatnya resmi, dilaksanakan oleh Negara Republik Indonesia. Sehingga ketika seseorang dinyatakan lulus ujian Bravo, maka melekatlah kepadanya priviledges Bravo untuk digunakannya melakoni hobi yang menarik ini. Jadi menurut hemat saya adalah tidak pada tempatnya muncul istilah semacam “Bravo serasa Delta” . Karena seorang pak Bravo adalah orang yang sudah lulus ujian kecapakan amatir radio tingkat penegak. Tidak ada arti lain dari itu.

Beberapa kali juga (tidak sering) saya mendengar ada orang yang menerima IAR Bravo malah jadi ngga muncul. Padahal waktu masih jadi pak Charlie aktif banget muncul di HF. Pernah ada cerita, konon pada suatu hari ada pak Bravo teman saya (cerita dari pak Bravo teman saya yang lain) tiba-tiba ditantang menerima kode morse oleh seorang Delta dari lokal di selatan kami. Sayangnya kisah itu tidak berakhir manis. Pak Bravo kawan saya ini rupanya grogi duluan sehingga tidak bisa bermain cantik melakukan smash balasan hehehe. Jadinya bola jatuh di lapangan sendiri. Padahal mestinya beliau harus menyadari bahwa isinya orang main radio kan lebih banyak bercanda, gasak-gasakan, nye’-nye’an, guris dan tertawa bersama. Jadi yang serius-serius gitu mestinya jangan dianggap sebagai sesuatu yang serius kalo sudah dimasukkan ke frekuensi. Mestinya dianggap sebagai guyonan juga. Tinggal smash balik aja bolanya, diplintir sisan supaya sulit dikembalikan lagi. Hehehe. Selanjutnya terserah  para pak Bravo untuk mengendalikan permainan ping-pong nya. Janganlah malah menghilang justru setelah menerima IAR Biru.

Menurut pengalaman pribadi saya sih enak banget waktu masih berstatus pak Bravo dulu. Sukses mengecoh beberapa teman yang umurnya lebih tua. Saat ber QSO di udara pada sopan-sopan banget ngomongnya ke saya. Rupanya beliau-beliau mengira saya sudah tua. Jadi waktu kopdar, pada kaget ketemu saya yang masih umur 30 an (waktu itu). Jadinya pada marah-marang merasa tertipu. Selanjutnya jadi pada ngga sopan laig kalo QSO dengan di frekuensi. Hehehe. Tapi kami jadi makin akrab karena sudah menghapus image adanya jarak psikologis antara pak Bravo dan pak Delta.

Sayangnya sekarang saya sudah bukan lagi seorang pak Bravo…………… (adegan: menyangga dagu sambil termangu-mangu membayangkan masa lalu).

10 thoughts on “Apa Sih Definisi Yangkee Bravo Menurut Anda ?

  1. Hhhmmmm ..memang apik tulisan njenengan mas…. bahasa prancis nya jg sangat fasih—- hahaha, sy setuju dengan anda mas.. memang yb harus menjadi panutan dan contoh buat kita2 yg delta,, tapi nek prefik YE kuwi dadi panutane sopo yo mas… tapi yo kepingin jga mas punya prefik yg lebih tinngi mung wedhi ora sesuai kemampuan spt kata anda bravo sera delta hahahaha.. sing penting tertib administrasi dlu mas vai— soale kiye callsign pesene suwe mas mandhan larang orapapa ,,,, tapi nek wis YE mengko jenengan nganggo prefik apa maning mas,,, kenapa prefik sehabis YB ko g naik ke YA malah medun kepriwe kiye mas rivai…………..

    • intisari, makna dan tujuan posting yang ini adalah kalo YB harus jadi panutan, sedangkan YE boleh ngawur-ngawuran. karena YE tingkatannya ada di bawah YD. jadi njenengan sebenere lewih duwur tingkate dibandingken saya gitu lo mas yudi hehehe

  2. hahaha yayaya….sudah sya duga mas,,,, boleh awur-an tapi masih dalam koridor yg bener heheh ,,seperti posting anda yg dulu sya masih inget mas ## JADI ORANG JGN KAKU-2 WONG ATURAN GUSTI ALLAH AJA PADA DILANGGAR APALAGI ATURAN MANUSIA ## ,,, tpi ya wong secara technik jelas anda lebih mumpuni.. seharus nya anda jadi YA dan g mungkin lah orang seperti anda akan awur-2an hahahaha … DAN njenengan belum jawab pertayaan sya mas vai— kenapa naiknya g keatas eh malah kebawah… kalo menurut urutan prefik naik nya jadi YA yo toh mas–

    • nanti kalo saya dapet tugas di Afghanistan baru boleh menyandang YA hehehe. alokasi prefiks Indonesia cuma YB s/d YH. priviledge tertinggi Indonesia YB. di bawahnya lagi adalah YC. turun lagi jadi YD. lalu turun lagi jadi YE. jhahaha

      wah moga-moga para YE ngga pada marah ya saya nulisnya YE di bawah YD. saya ralat aja deh: cuma YE3AA yang kelasnya di bawah YD. kalo YE-YE yang lain adalah para penegak jempolan. biar saya engga dijewer hehehe.

  3. …..bagi saya pribadi sih ‘naik’ ke penggalang atau penegak, karena merasakan kebutuhan untuk mencoba band-previledge yang disediakan. Dulunya rasanya nggak adil penggalang ikutan kontes di all band kok cuma di 10 dan 15m, di 20m nggak punya hak, dan rasanya saat itu 20m selalu terbuka sepanjang hari😀
    Nggak jago cw ya cobain dong rtty/psk.
    Tapi memang rada sebel juga sih ketemu bapak-bapak Bravo yang kurang dong-an….eh, kalau nggak keliru saya Yankee Bravo ya?

    • iki aku rodo serius, pakdhe. bahwa naik tingkat itu adalah kewajiban seorang amatir radio seperti termaktub dalam kode etik. amatir radio berjiwa progresip. ia selalu menyesuaikan stasiun radionya setingkat dengan ilmu pengetahuan. jadi nek panceeeeeet ae yo itu sudah pelanggaran kode etik hehehe

      soal digimode vs cw mode, rasanya sih lebih susah digimode ya. sampai sekarang kuping saya masih belum bisa tuh decode tone rtty. anda udah canggih banget lah pokoknya.

      soal pak Bravo yang kurang dong-an, ada lo di group fesbuk sebelah pak Bravo yang bilang YD ngga boleh berhubungan dgn luar negeri. hehehe. dari call area mana beliau ? ah anda pasti bisa nebak pakdhe. jhahahaha

      • jhahaha….lha iya khan rtty/psk bisa tuh 60wpm.
        maksude progresive bisa jadi radio-nya setingkat dengan kecakapan-nya; YB boleh pakai/harus pakai setara FT450D/FT857D, lha nek YD boleh-nya pakai apa mas bro? jhahha….

      • anda yang berhitungnya belum bener pakdhe. kalo YB mestinya pake sekelas FT9000DX, FT5000, IC7700, IC7800. kalo kelasnya FT857D atau FT450D itu di level bawahnya. kalo saya yo ngga melanggar. kan YE3AA dibawahnya YD. jadi masih sah-sah saja pake FT857D. jhahaha

      • kalo YDØNGA kumplit tapi kan jadul-jadul. jadi rasanya sih ngga melanggar. sorry pakdhe, kedengaran seperti membela. soale aku meh dikirimi antenna tuner CNW420 jhahaha …..

Leave a Reply

