Membuat Antenna Delta Loop 21Mc 1 Elemen

delta loopCeritanya abis bikin antenna delta loop nih, untuk frekuensi 21Mc atau band 15 meter. Bikin satu elemen aja karena emang keterbatasan tenaga untuk naikin ndiri berhubung udah kena HNP di Lumbar L4 dan L5.  Alias udah ndeketin udzur hehehe. Udah niat banget pengin cobain muncul dari rumah Ngaliyan (Semarang) karena posisinya yang eksotis. Tinggi dan menghadap ke utara. Kapal-kapal besar yang bergerak di sekitar Tanjung Mas harbour bisa keliatan meski cuma setitik kecil. Dengan ketinggian sekitar 100m ASL dan pandangan ke arah utara yang bebas ternyata memang oke bangeds untuk ber DX. Momen itu pas banget waktunya saat CQ WPX CW yang jatuh pada hari libur. Maka peralatan segera diangkut ke Ngaliyan untuk menikmati eksotisme lereng Ngaliyan.

Antenna cuma mo bawa satu elemen Delta Loop aja. Biar gampang ngebentangnya. Panjang total loop ikut rumus 297/MHz dalam meter. Tadinya saya pake angka 300/MHz, ternyata kepanjangan banget. Jadi rumus akhir panjang Delta Loop saya yo kuwi 297/MHz. Tergantung juga dgn kondisi lokasi anda, diameter kawat yang digunakan dan parameter X yang tidak kita ketahui.

Konon katanya impedansi antenna Delta Loop berkisar di angka 100 Ω lebih dikit, maka saya memilih balun 1:2 design dari OE7OPJ yang super simpel tapi efektif. Design asli pake ferrite toroid. Tapi saya ganti aja dengan ferrite batang hasil ngemis-ngemis ke YB3BX yang akhirnya berupa potongan separoan sama YB3BX hehehe. Tapi di artikel lain soal balun ini sebetulnya ada kisah bahwa balun model seperti itu ngga ada pengaruhnya tipe bahan yang digunakan sebagai inti balun. Mo pake air core atau ferrite core bedanya engga signifikan. Saya sendiri belum coba nyopot ferrite core nya karena terlanjur masuk pelindungnya. Saya sendiri lebih memilih ferrite batang soalnya pas banget kalo mo pake pelindung pralon PVC. Yang ada di foto itu pralon PVC ukuran 3/4. Tinggal dicarikan tutup dop untuk atas dan sambungan lurus di bawah sehingga konektor PL-259 bisa masuk dan terlindungi.

Hasilnya adalah nilai VSWR yang amat landai sepanjang frekuensi 21MHz. Angka 1:1,0 merata sekitar 500 kHz.  Misalnya anda buat center nya di 21,1 MHz, maka VSWR satu banding odeg itu anda dapat dari 20,85 – 21,35 MHz. Puas deh rasanya.

Masih ditambah rasa puas waktu ikut kontesnya. Signal-signal lemah yang saya kira engga workable ternyata merespon panggilan saya. Jadi enak banget. Nyoba buka warung langsung dikerubuti hehehe. Banyak stasiun eropa yang signalnya bisa 20dB ! Lokal bangeds deh. Yang jelas, kalo mereka belum ketemu YE3J, maka ketemu YE3AA adalah multiplier.

Jadi kesimpulannya harus masang antenna di Ngaliyan nih, biar enak kontes nya. Pertanyaannya, apa perlu ya minta ijin ke Joeragan Plamongan?

7 thoughts on “Membuat Antenna Delta Loop 21Mc 1 Elemen

  1. kayaknya menarik mas bro….pengin bikin delta loop untuk WARC, mosok YB (bukan YE) belum pernah ngicipin WARC😀
    Kalau YD(0NGA) mungkin belum tertarik ya…. pada ngganggur tuh hamshack-nya😀

    • model embedded aja pakdhe, dalam satu frame ada 2-3 band sekalian. ngirit tempat. tapi nanti di konektor bawah mesti diterminasi 50Ω saat elemen band itu tidak digunakan. tapi kalo masih ada space sih mending bikin 2×13 144MHz aja.

      kalo YD(ØNGA) ya gitu orangnya. kapan hari udah tak kabari ujian kecakapan Jakarta malah alesan macem-macem persiapan ke HB9 lah, kurang foto lah. males nanggepinya pakdhe. jhahahaha

  2. Hahahaha…. Jangan coba2 main belakang ya… nggak boleh, saru… hahaha… Sebenernya saya seneng kalian bisa akur gitu.. cobalah sesekali bareng2 gantian sebagai operator dalam kontes CW, kayaknya sih atau semestinya wpm tertinggi ada di YB lha YE khan dibawah YD soalnya… Hahahaha…

    • loh jangan salah, RTTY itu speed nya lebih tinggi dari CW. aku engga mampu decode, pakdhe John bisa loh decode RTTY. jhahaha

    • kalo waktu di semarang sih cuma satu pipa gan. tapi ASL nya 100m lebih menghadap utara-selatan. mantep gan. banyak signal dari jauh yang kualitas lokal signal nya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s