Mengenal Call Sign Amatir Radio Amerika

Amerika punya tata cara yang sama sekali berbeda dgn Indonesia dalam hal menata call sign Amatir Radionya. Kalo soal prefix pasti beda dengan kita karena prefix menandakan negara. Tapi banyak hal-hal lain yang amat berbeda. Tulisan ini sekedar menambah wawasan saya pribadi saja.

Yang pertama adalah prefix Amerika diawali dgn huruf K, N, W dan yang dua huruf prefix adalah AA s/d AL. Huruf K misalnya, termasuk di dalamnya adalah K itu sendiri dan selanjutnya KA s/d KZ. Demikian juga dengan yang prefix N dan W. Amerika sendiri punya overseas territories yang terletak di Karibia (prefix KP, NP dan WP), Pasifik (prefix AH, KH, NH dan WH) serta Alaska (AL, KL, NL dan WL). Kalo alamat anda di Amerika ada di mainland, anda tidak diperbolehkan meminta call sign (vanity) dari overseas territories. Demikian juga sebaliknya.

Seperti kita di Indonesia, di sana juga dibagi dalam 10 call area di mainland. Plus masih ada 3 call area dari overseas territories sehingga total ada 13 call area. Kepanjangan ya kalo saya tulis semua call area terdiri negara bagian mana saja. Nanti kalo anda perlu monggo aja ngisi komentar di bawah.

FCC membagi call sign dalam  4 group utk mainland:
1. group A: Sususan call sign 1×2, 2×1 dan 2×2 (khusus dng prefix awalan A).
2. group B: Susunan call sign 2×2 dgn prefix awalan K, N dan W.
3. group C: Susunan call sign 1×3.
4. group D: Susunan call sign 2×3 dgn prefix awalan K, N dan W.

Untuk Extra class boleh menggunakan semua group itu. Ini yang membingungkan kita karena sering kita menemui call sign group D ternyata dia adalah seorang Extra class. Satu-satunya cara untuk mengetahui adalah dengan memeriksa database FCC di ULS. Jika ada peserta ujian FCC exam yang mampu langsung naik sampai Extra class dalam satu kali ujian atau seseorang yang naik ke Extra tapi meminta jatah call sign yang disebut Systematic issue, nanti akan diberikan call sign dgn prefix A. Misalnya saya sendiri kemarin saat lulus Extra langsung dikasih AC2MB. Tetapi saat ini di call area 4 karena prefix “AA-AK”  sudah penuh, maka Systematic issue diberikan ke group B.

Untuk Advance class hanya boleh menggunakan group B, C dan D.  Sedangkan group C boleh dipake oleh General class dan Technician serta Technician Plus melalui program vanity call sign (call sign cantik). Sedangkan Systematic issue utk General dan Technician adalah hanya group D. Sebagai contoh jika anda lulus ujian General, maka anda akan menerima Systematic issue format 2×3, sama dengan Technician. Memang tidak bisa dibedakan. Satu-satunya cara hanya dengan memeriksa database FCC di ULS.

Saat ini FCC sudah menghapus ujian untuk level Novice, Technician Plus dan Advance. Tersisa sekarang adalah level Technician sebagai entry level lalu naik ke General dan tertinggi Extra. Namun bagi mereka yang masih memegang lisensi Novice, Technician Plus dan Advance masih akan terus dilayani perpanjangan ijinnya tanpa mengubah levelnya. Hanya saja level-level itu sudah tidak diujikan lagi oleh FCC.

Vanity Call Sign
Ini adalah program memesan call sign cantik. FCC secara resmi membuka kesempatan bagi Amatir Radio untuk membeli call sign yang sesuai dgn keinginan. Namun memiliki call sign cantik ada konsekuensinya yaitu harus bayar tarif call sign vanity yang dibayarkan per 10 tahunan. Berbeda jika kita hanya ingin menggunakan call sign jatah Systematic issue karena sudah cantik (misal OM Eman yang dapat KD2FAA yang kebetulan pas banget dgn pekerjaan beliau sebagai sopir AirBus), maka seumur hidup call sign Systematic itu akan jadi miliknya secara gratis meskipun harus renewal tiap 10 tahun.

Seorang Extra class boleh memilih call sign dari group A, B, C dan D. Untuk Advance class boleh memilih vanity call dari group B, C dan D. Sementara General dan Technician boleh memilih C dan D saja. Jadi kalo anda menjumpai call sign WR1F, pasti dia itu seorang Extra class karena call sign WR1F yang berformat 2×1 adalah group A. Tetapi jika menjumpai call sign berformat 2×3 belum tentu dia Technician. Bisa saja beliau adalah General (KD2FAE dan KD2FAF misalnya). Atau bahkan Extra level. Satu-satunya cara hanya dengan memeriksa database FCC di ULS.

2 thoughts on “Mengenal Call Sign Amatir Radio Amerika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s