Low Power Output Final Module M57727

Beberapa waktu lalu saya kulakan modul Final M57727 yang rencananya mo tak jual lagi. Saya beli 2 unit saja dengan rasa was-was karena pernah terblondrok beli banyak ternyata mati semua.

Sejak modul final M57727 datang, langsung saya coba test output dgn alat canggih buatan YC2ELX dengan tipe AST-105. Alhamdulillah kedua modul final M57727 bisa kerja normal dgn output 30-35 watt. Lega deh.

Tiba-tiba satu unit modul Final M57727 saya dipesan oleh Bp. Faisal YB3AA utk ngganti punya beliau yang tersisa 10 watt. Langsung saja saya kirim satu unit utk beliau. Dan saat dipasang, ternyata modul Final M57727 itu gak bisa keluar RF Outputnya. Power meter hanya keluar beberapa ratus miliwatt saja. Apes dah.

Setelah unit Final M57727 itu saya terima kembali, dimulailah proses investigasi. Test ulang dengan alat canggih AST-105 tetap menunjukkan hasil bagus. Tetapi tidak mampu menghasilkan RF output saat dipasang di radio Kenwood TR9130.

SIngkat cerita, ditemukan kesimpulan bahwa modul Final M57727 saya ternyata memiliki spek berbeda dgn modul pendahulunya. Yaitu modul ini memerlukan arus bias 9V yang lebih tinggi. Tegangan bias tetep 9V tapi arusnya lebih tinggi. Jadi dengan keadaan standard tegangan Driver 9V dari 2SA1012 tidak mampu melayani modul Final M57727 saya sehingga drop menjadi 6,5V. Ini berakibat tegangan catu pin 2 juga drop menjadi 7V. Alhasil modul Final M57727 tidak bisa bekerja.

Solusinya, saya coba sisipkan transistor TIP2955 utk menyangga tegangan berkode 9T dari transistor 2SA1012 di blok Driver. Dan ternyata modul Final M57727 bisa bekerja dengan normal.

M57727Jadi apabila anda membeli modul Final M57727 dengan kondisi seperti ini, bukan berarti anda ditipu penjual. Tetapi siapa tau anda dapat modul Final M57727 dengan kondisi mirip dengan punya saya.

Leave a Reply

