Digital Volt meter DVM-368

Digital Volt MeterPada suatu hari, ngga sengaja liat iklan Digital Volt Meter murah cuma 30rb. Kok jadi kepengin. Ya udah beli 3 pcs aja. Sambil mikir-mikir mo dipake untuk apa. Dan ternyata punya beberapa variable power supply yang memang perlu dikasih display tegangan output yang presisi, terutama si kecil Variable Power Supply 2A imut-imut yang suka saya pake naik-turun tegangan untuk eksperimen. Habis dikasih mata kok kayaknya nambah maniez aja.

Tipe yang saya beli adalah DSN DVM-368. Digital Volt meter ini unik karena terdiri dari 3 kabel. Yaitu merah, putih dan hitam. Si penjual Digital Volt meter ini ngomong nanti kabel putih dan merah digabung aja. Lalu kabel hitam ke negatif. Setelah saya coba-coba di rumah, ternyata fungsinya berbeda. Kabel merah DVM-368 untuk power +. Sedangkan kabel putih merupakan sensornya. Dihubungkan ke tegangan yang mau diukur. Perbedaannya adalah kalo kabel merah dan putih digabung, maka DVM-368 akan makin redup nyala LED nya kalo tegangan yang diukur juga semakin kecil. Sedangkan kalo kita pisahkan kabel merah dan putihnya, maka nyala LED akan konstan berapapun tegangan yang sedang diukur. Nggak ikut redup LED nya.

Dengan fakta itu, maka saya solder aja kabel merah DVM-368 ke output DVM-368dioda bridge. Memang agak tinggi ya sekitar 25V tapi oke-oke ngga jebol Digital Volt meter saya. Sedangkan kabel putihnya ke output power supply. Maka sampe tegangan output power supply saya di titik terendah 1,73V masih terang aja itu nyala LED nya. Tapi kalo kabel merah dan putih DVM-368 digabung, nyala LED akan padam di sekitar 2,8 V.

Namun sekarang saya jadi penasaran gimana caranya supaya output power supply saya bisa nol volt. Karena tegangan referensi LM 723 harus dikasih negatif (di bawah nol volt) supaya outputnya bisa nol volt. Sebenernya saya cuma perlunya 0,7 Volt utk bias transistor sih. Kapan-kapan aja wes mikirnya.

2 thoughts on “Digital Volt meter DVM-368

Leave a Reply

