AGC Fast Pada Icom IC-718

Ciri khas dari Icom IC-718 adalah radio itu secara hardware ada dalam posisi AGC Fast. Dan lucunya (untuk saya), tidak ada pilihan setting bagi user untuk memilih antara AGC Fast atau Slow. Saya bukan pemakai Icom IC-718 sehingga tidak tau hal ini sampai perjumpaan pertama saya dengan radio ini beberapa waktu lalu. Saya kaget karena suara percakapan yang dihasilkan speaker Icom IC-718 ada dalam posisi AGC Fast. Tentu saja masing-masing orang beda pendapat soal kenyamanan AGC Fast atau Slow. Tapi saya yang selalu menggunakan AGC Slow lama-lama ya pusing juga dengar percakapan kawan-kawan lebih mantul-mantul gitu dan noise floor yang cepat sekali recover ke level sesungguhnya. Kalo anda merasa sudah nyaman dengan AGC Fast, tulisan saya ini tidak ditujukan untuk anda.

Saya coba diskusi dengan Shifu YC2ELX soal AGC Fast ini di Icom IC-718. Ternyata sambutannya antusias. Keuntungan YC2ELX adalah dia memang menerima service radio HF dan segala yang memancar (termasuk wireless telephone). Karena ngga lama kemudian dia ada masuk IC-718 untuk diperbaiki. Langsung aja YC2ELX coba modif AGC nya. Lalu sengaja hal ini tidak diceritakan kepada pemilik radio untuk menguji objektifitas. Ternyata pemilik radio Icom IC-718 puas dengan penerimaan yang lebih baik. Katanya kok sekarang receive radio nya lebih adem.

Saya sendiri baru ada kesempatan modif AGC Icom IC-718 setelah konco pren-plekk saya NGØPI Isworo (YB3BX) bisa dibohongi saya pinjam radio Icom IC-718 miliknya. Saya mengalami kesulitan saat modif karena komponen nya berukuran sangat kecil (untuk ukuran mata tua saya). Posisinya juga ada di sudut konektor sehingga menyulitkan solder utk menuju titik tersebut. Bahkan ketakutan saya terbukti karena saya ternyata menggeser satu resistor yang mestinya tidak digeser. Untung bisa dikembalikan posisinya.

Waktu saya kembalikan ke pak Isworo NGØPI (si pemilik radio Icom IC-718) dia menyatakan betul sekarang lebih enak receive nya. Arif YC2ELX sendiri sudah melakukannya berkali-kali. Setiap ada radio Icom IC-718 yang masuk ke bengkelnya akan dia modif AGC nya menjadi Slow. Sehingga pelanggannya puas atas hasil kerjanya.

Saya melayani modifnya. Ongkosnya $5 saja. Ongkir pergi-pulang ditanggung pemilik radio. Tapi kalo anda sudah merasa enjoy dengan AGC Fast, ya monggo aja terserah anda yang punya radio Icom IC-718.

6 thoughts on “AGC Fast Pada Icom IC-718

Leave a Reply

