SPBU AKR

Salah satu hikmah jadi peserta mudik 1437H (2016) adalah berkenalan dengan SPBU AKR. Banyak dari anda yang ngga kenal dan bahkan belum pernah ketemu dengan SPBU AKR. Karena memang ngga banyak jumlahnya. Di Gresik aja ngga ada. Tapi di Lamongan ada 2 tempat, di Widang (Tuban) ada satu. Kayaknya di Rembang juga ada satu (soalnya kalo lewat situ kan fokus nyetir gan).

AKR sendiri ternyata perusahaan SPBU yang diijinkan untuk distribusi BBM subsidi selain Pertamina. Jadi pada awalnya SPBU AKR memang menjual bangsanya Premium dan Solar (subsidi) dengan harga dari pemerintah. Sedangkan AKR sendiri ambil dari luar negeri (katanya gitu). Jadi bukan buatan Pertamina.

Naahh, semalam saya iseng mampir ke SPBU AKR di Lamongan yang berbatasan dengan Gresik. Mampir karena kebeles pipit. Waktu taxiing di sekitar mesin pompanya ada tertera tulisan AKRA 92. Iseng saya coba tanya ternyata itu BBM ron 92 (sekelas Pertamax). Ya udah saya beli karena kebetulan juga tinggal beberapa liter di tangki. Sambil ngobrol dengan petugasnya, saya tanya kok bisa harganya lebih murah lima ratus perak dari pertamax. Si petugas bilang mungkin karena ambilnya dari luar negeri, pak. Kesimpulannya, saya beli pertamax dengan harga pertalite kalo gini. Asyik ya. Banyak lho selisih segitu per liter. Kalo situ beli 30 liter aja udah berhemat lima belas ribu kaaan.

Nasionalisme? Ah ntar dulu. Beli BBM luar negeri dianggap tidak cinta produk  dalam negeri. Kalo saya justru berpikir sebaliknya. Marilah untuk urusan bahan bakar fosil ini kita beli produk-produk luar negeri. Pemikiran saya ini mencontoh apa yang dilakukan oleh USA. Banyak ahli minyak yang mengatakan bahwa USA adalah pemilik minyak bumi terbesar di dunia. Tapi USA justru sangat sedikit menambang minyaknya. USA justru beli dari timur tengah. Bahkan pernah ada rumor bahwa USA menyuntikkan minyak timur tengah ke bawah Alaska. Sehingga nanti saat bagian dunia lain kekurangan minyak, USA masih punya stoknya. Ingat bahwa bahan bakar fosil adalah titipan anak-cucu kita. Sehingga kita tidak boleh menghabiskannya sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s