Icom IC-7300 Review

Sudah sekitar sebulan tergolek lemah di meja operator sebuah radio Icom IC-7300 hanya bertutupkan kain tipis oranye. Menunggu untuk disentuh-sentuh. Dari awal saya ngga mantap apakah radio Icom IC-7300 yang memang saya kepengin. Dan ternyata setelah dimiliki memang bukan radio yang saya mau. Tadinya saya pengen punya Kenwood TS-480HX. Tapi kayaknya ngga kebeli deh harganya. Jadi yaaaa seadanya aja.

Sebagai bukan penikmat radio dung-dung, e-ssb, wide ssb dan semacamnya, keunggulan Icom IC-7300 di sisi bandwidth pemancar yang bisa maksimal 2,9 kHz itu tidak memberikan keunggulan positif. Karena saya memang jarang on iar dgn phone. Bahkan mikrofon si Icom IC-7300 saya simpan saja, nunggu sms ada yang ngajak utk on air hehehe. Tapi saya sering nyalakan radio Icom Ic-7300 meski hanya untuk monitor aja.

Canggih memang di sisi koneksi ke komputer hanya bermodalkan kabel USB tipe B. Komplet isinya terdiri dari CAT, control dan jalur audio sekalian. Tapi saya perhatikan komputer saya ngga mampu decode signal-signal lemah di mode JT65. Padahal di waterfall ada lho signal JT65 nya. Jadi yach ngga terlalu suka dengan problem ini.

Juga tersedia feature remote connection. Anda bisa akses Icom IC-7300 dari manapun belahan dunia dengan software RS-BA1. Siapin koneksi internet yang bagus dengan ping rendah. Mungkin anda bisa sewakan stasiun radio anda kayak di amrik. Sejam nya 70rb rupiah kan lumayan hehehe.

Sedangkan feature Icom IC-7300 membuat saya takjub hanya di dua hal saja. Yaitu:
1. Radio-radio HF yang ada filter fisik optional semacam inrad, collins, dll, kalo kita gunakan narrow filter nya, maka filter itu juga akan mengurangi level signal penerimaan. Nhaaa kalo Icom IC-7300 ini canggih banget karena efek pengurangan level signal itu tidak terjadi. Steady deh level signal nya.
2. Harganya yang “reasonable” membuat para pedagang radio bekas mencak-mencak. Karena rusak sekarang harga radio HF bekas berkat kehadiran Icom IC-7300. Edan lah, YC2ELX pernah bisa bantu jualkan Kenwood TS=940 di harga 18 juta. Tapi saya amati di salah satu group lelang facebook, radio-radio HF mulai ngga kena BN. Dulu ada Kenwood TS-930 BN 12,5 juta cuma deal di 11 juta. Atau radio Satu Lapan Ndog yang mulai terkatrol di di sekitar 3,5-4 juta. Itu ngga masuk akal. Edan !!! Sehingga saya senang kehadiran Icom IC-7300 bisa mengembalikan akal sehat sellers-buyers. Hati-hati juga dengan mulut sellers siapa tau anda dengar Icom IC-7300 radio gagal ya. Ada lho gossip gitu. Kalo teman lain sih mengartikannya radio gagal untuk dimiliki hehehe.

IMG_20160714_121846

Dengan demikian Icom IC-7300 saya sekedar jadi pemanis aja di ham shack. Kalo ada yang tanya pake radio apa, sekarang berani ngomong pake IC-7300. Tadinya ngga berani ngaku kalo pake Alinco DX-70 hehehe.

Dengar-dengar soal harga, kayaknya sudah mulai turun di 13 juta. Atau kalo anda mau tampil beda mungkin bisa sabar nungguin radio SDR besutan Yaesu yang mestinya ngga lama lagi mereka keluarin kalo ngga mau tutup pabriknya. Monggo anda yang putuskan. Kalo saya sih, Icom IC-7300 bukan radio yang pas untuk profile saya.

Leave a Reply

