Ngerjain Pemorse Software Hihihi

Sahibul Hikayat ada kontes morse sabtu-minggu kemarin yaitu Oceania DX Contest 2020 mode CW. Entah apa yang merasukiku, muncul iseng pengen ngerjain para peserta kontes tsb tapi yang memang menggunakan software utk encoding dan decoding kode morse nya. Mungkin mereka lagi males aja decoding pake CPU buatan Allah. Bisa juga lagi ngetes setting sofw. Atau entah apalah saya gk paham.

Di N1MM, saya lakukan perubahan ritme ketukan pada saat pengiriman informasi exchange number. Konkretnya dalam macro F2 saya sengaja saya tulis sbb:
<<<<<{SENTRSTCUT}>>>>>>>{EXCH}
Yang artinya pada saat N1MM ngetuk RST (Yg disingkat) akan dlm kecepatan +10WPM dari kondisi normal. Dalam hal ini, saya memilih normal pada 22WPM. Sehingga pada ketukan RST itu akan ada di kecepatan 32WPM. Sedangkan pada ketukan exchange number, saya turunkan speednya -14WPM dari kondisi kecepatan SENTCUTRST (berarti 18WPM).

Selain itu, saya juga nyentang setting Function Keys di N1MM yaitu:
1. Send Leading Zeroes in Serial Number (misalnya nmr 1 akan diketuk sbg 001).
2. Send cut numbers (yang tadinya 001 akan diketuk jadi TT1).

Apakah berhasil ngusilinnya? Ya saya ngga tau berhasil apa engga sih.

Yang jelas, selama kontes itu banyak teman-teman yg minta diulang-ulang exchange number dari saya. Alias nmr urut yg saya kasih ngga bisa diterima oleh mereka. Bahkan ada seorang penegak dari daerah sebelah barat saya itu sampek 5 menit minta diulang hihihi. Sampek tak tinggal cq terus. Akhirnya ybs bisa dpt setelah saya berkomunikasi dgn sebelum dia tapi lawan qso itu mengulang angka dari saya sehingga si penegak ini tinggal nyambungin angkanya. Tentu terlalu prematur kalo saya menyatakan bahwa trik ini sukses. Karena permintaan ngulang itu bisa disebabkan oleh banyak hal.

Resikonya apa utk saya dengan melakukan trik ini? Ya tentu saja sangat tinggi resiko salah menerima exchange number yang akan berujung QSO point menjadi nol. Tapi ya ngga papa juga sih. Syukur dpt poin. Ngga juga ngga papa wong yo sulit nyari piagam juara 1 jaman now.

Hla tujuannya apa melakukan keisengan begini? Ya namanya juga iseng mo gimana lagi. Yang jelas saya ngga suka ngomong sama komputer. It’s make me looks stupid. Like Scotty talk to computer mouse. Tentu saja mereka berhak dong pake sofw encoder/decoder. Siapa sih saya yang bisa melarang. Maka saya juga berhak dong ya ngusilin. Biar balance. Hehehe.

Sekarang tinggal mencari tau kalo pake cw skimmer bisa dikerjain juga apa gak. Klo ketemu triknya, nhaaaa makin asyik dunia kontes morse kita.

Oya, salut utk seorang siaga dari Jakarta yg susah payah ketuk manual dgn saya. Semoga bisa segera meningkat ya speed nya. Kalo liat sufiknya sih kayaknya blm lama pegang IAR. Two thumbs up for you, mamen.

2 thoughts on “Ngerjain Pemorse Software Hihihi

Leave a comment